Oleh: reservasionline | 14 Januari 2009

Axis Luncurkan BTS Tenaga Surya

BTS AxisJAKARTA – Vemdor telekomunikasi Axis mewujudkan komitmennya terhadap lingkungan melalui peluncuran Base Transceiver Station (BTS) hijau pertamanya di Minas Barat, Sumatra Barat. Ini untuk melengkapi program Reduce, Reuse, Recycle yang terus berlangsung dimana keduanya merupakan program berkelanjutan perusahaan.

Axis meluncurkan program Go Green tahun lalu dan merupakan operator yang aktif di asosiasi global GSM Green Power for Mobile Program serta mendapatkan nominasi untuk Green Mobile Award di Mobile Asia Congress 2008 yang baru-baru ini diselenggarakan di Macau. Axis terus mencoba memanfaatkan solusi energi alternatif baru dan pemanfaatan teknologi hemat energi sepanjang tahun 2009 dan di tahun-tahun berikutnya untuk sedapat mungkin mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Program Go Green nantinya akan menjangkau semua area di mana Axis berada, mulai dari lingkungan kantor hingga ke area dimana Axis memiliki jaringan infrastrukturnya. Pekan ini AXIS mulai mengoperasikan BTS hijau pertamanya yang menggunakan tenaga surya di Minas Barat. Ini merupakan langkah pertama dari rangkaian proyek yang mengusahakan penggunaan energi alternatif dan teknologi yang dapat mengurangi penggunaan sumber daya.

BTS Minas Barat ini tidak memiliki asupan tenaga listrik dari PLN, karena itu digunakan 44 panel photovoltaic untuk menghasilkan total 8Kw tenaga listrik di saat cuaca cerah. Energi matahari tersebut akan disimpan dalam baterai yang akan menjadi sumber energi saat malam hari atau cuaca berawan. Sistem ini benar-benar tidak bersuara dan tidak mengakibatkan polusi.

AXIS memperkenalkan sistem hemat energi dan sistem pendingin di semua BTS-nya yang ada di seluruh Indonesia untuk mengurangi penggunaan sumber daya dan produksi CO2.� Efisiensi generator berbahan bakar solar sebagai tenaga cadangan telah dikembangkan dengan mengatur secara cermat waktu pengoperasian. Tahun ini juga, Axis akan memperkenalkan turbin angin untuk mendayagunakan tenaga angin yang tersedia di sebagian wilayah di Indonesia.

“Tujuan kami adalah membantu mengurangi penggunaan sumber tenaga nasional melalui solusi inovatif dan dalam jangka panjang kami berniat mengurangi jejak karbon dan sedapat mungkin meminimalkan kerusakan lingkungan,? ujar Muslim Khan, Chief Technology Officer Axis, melalui keterangan resminya, Minggu (11/1/2009).

?Axis menjalankan tanggung jawabnya secara serius dan memiliki komitmen jangka panjang untuk menjaga lingkungan dengan terus memperkenalkan inisiatif-inisiatif baru dalam operasional perusahaan sehari-hari,? sambungnya. (srn)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: