Oleh: reservasionline | 14 Januari 2009

Alat-Alat Ampuh untuk Perbaiki “TROUBLESHOOTING” PC (bagian 2)

Pilih Browser yang Tepat

Kadang Anda membutuhkan internet untuk menemukan solusi dari permasalah yang cukup rumit, tapi browser pada PC tersebut sedang tidak bekerja. Gunakan saja Firefox versi portable dan Thunderbird pada USB Anda, maka selesailah masalah yang satu ini.

Mengembalikan Kata Kunci

Beberapa teman Anda yang ceroboh menghilangkan beberapa nomor kunci produk dan lupa akan kata kunci akun komputer, email, atau aplikasi lainnya, dan ini menjadi tugas Anda untuk menjadikan semuanya kembali benar. Itulah mengapa USB Anda perlu WinKeyFinder atau Vista Key Finder untuk merestorasi nomor kunci produk Windows dan Office, bersamaan dengan IE Pass View dan “Password Fox” untuk mengembalikan semua nama pengguna dan kata kunci yang disimpan oleh IE dan Firefox.

Buat Cadangan untuk Driver

Salah satu aturan dasar untuk permasalahan pada PC adalah memastikan kalau modifikasi atau tambahan yang Anda lakukan terhadap PC bukannya makin memperburuk keadaan. Jadi, jika Anda memutuskan untuk memperbaharui driver apapun pada PC, maka pastikan kalau Anda sudah membuat data cadangannya terlebih dahulu, jika memang Anda membutuhkannya untuk kembali ke versi awal. DriverBackup! adalah alat yang ideal untuk masalah yang satu ini.

Aplikasi Penulis CD/DVD GRATIS

Tambahkan aplikasi penulis CD/DVD portable pada USB dan Anda akan mampu untuk mengkopi data dari kebanyakan PC, bahkan jika perangkat lunak masternya tidak bekerja dengan baik. Untuk hal ini, Anda bisa mencoba Total Free Burner atau InfraRecorder

.

Pindai Jaringan

Isu jaringan sangat menjebak dalam hal diagnosa, terutama untuk aplikasi portable, tapi adal beberapa perangkat lunak yang menjawab tantangan tersebut. TCPView menampilkan semua koneksi TCP dan UDP terbuka Anda, bersamaan dengan proses-proses yang menggunakan mereka. SmartSniff menangkap dan menampilkan paket jaringan pada beberapa PC, dan Angry IP Scanner bisa mengecek dengan cepat alamat IP pada jarak tertentu dan membuat skema jaringan berdasarkan sistem yang ia temukan.

Aplikasi Lainnya….

Anda bisa menemukan berbagai aplikasi portable lainnya pada Pendriveapps.com dan PortableApps.com. Sayangnya, hal ini tergantung dari kemampuan boot PC dan driver pengenal koneksi USB. Jadi, mungkin saja dalam keadaan darurat Anda butuh untuk membawa kopi dari UBCD untuk Windows. Ini merupakan sebuah CD boot yang hadir dengan beberapa aplikasi solusi untuk troubleshooting, jika Anda berhadapan dengan PC rusah yang tidak mampu untuk boot.


Tinggalkan komentar

Kategori